Tips Mencegah Gastritis Yang Efektif dan Mudah Dilakukan

Tips Mencegah Gastritis Yang Efektif dan Mudah Dilakukan ,- Menderita penyakit gastritis tentu akan membuat kita khawatir dan stres, pasalnya penyakit lambung ini sering kali menyebabkan nyeri pada perut yang menyakitkan.

Nah, sebelum terlambat. Yuk! Lakukan pencegahan terhadap penyakit ini, seperti pepetah ‘Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati’

Tips Mencegah Gastritis Yang Efektif dan Mudah Dilakukan

Tips Mencegah Gastritis Yang EfektifGastritis termasuk penyakit lambung yang terjadi ketika dinding lambung mengalami peradangan. Dimana penyakit ini dapat terjadi secara tiba-tiba dan hanya berlangsung dalam hitungan hari atau minggu (gastritis akut).

Namun pada sebagian kasus, gastritis dapat terjadi secara perlahan-lahan dan berlangsung dalam hitungan bulan bahkan tahun (gastritis kronis).

Kebanyakan kasus gastritis tidaklah serius dan dapat membaik jika diobati. Namun pada sebagian kasus lainnya, gastritis dapat berkembang menjadi tukak lambung dan berpotensi meningkatkan risiko kanker lambung.

Karena itu, sebelum penyakit ini terjadi, ada baiknya kita lakukan pencegahan agar terhindar dari penyakit gastritis. Berikut beberapa tips mencegah gastritis yang bisa Anda lakukan :

  1. Berhenti Merokok

Kandungan nikotin yang terdapat di dalam rokok mempunyai efek relaksasi otot, sehingga mengakibatkan otot saluran pencernaan yang seharusnya mempertahankan agar isi lambung tidak naik ke atas menjadi lemah.

Hal inilah yang menyebabkan gastritis terjadi dan serangkaian gejala pun dapat muncul, biasanya ditandai dengan rasa terbakar pada dada dan nyeri pada perut. Perokok juga lebih mudah mengalami batuk, yang mana ketika batuk tersebut, perut perokok dapat tertekan sehingga semakin memperbesar risiko asam lambung naik.

Sayangnya bagi para pecandu rokok, menghentikan kebiasaan merokok ini menjadi momok yang sangat menakutkan. Padahal tidak hanya membahayakan lambung, namun rokok juga membahayakan hampir setiap bagian tubuh.

Nah bagi Anda yang ingin berhenti merokok, Anda dapat memulainya secara bertahap. Anda juga dapat melakukan beberapa cara agar berhenti merokok seperti menyeruput air dingin melalui sedotan, rutin sikat gigi, hindari alkohol, konsumsi permen karet bebas gula, dan makanan ringan yang sehat.

  1. Ubah Pola Makan Anda

Tips sederhana dan paling mudah untuk mencegah gastritis yaitu dengan mengubah pola makan harian Anda menjadi lebih baik. Biasakan makan lebih sering dengan porsi sedikit. Bila Anda sering makan 3 kali sehari, cobalah ubah menjadi makan 5-6 kali sehari dengan porsi yang lebih sedikit.

Hindarilah makan hingga kenyang, karena jika isi lambung terlalu penuh maka isi lambung dapat naik ke tenggorokan dan memicu asam lambung tinggi. Kurangi juga konsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam, seperti jeruk dan kopi.

Disamping itu, ada baiknya Anda juga batasi konsumsi makanan pedas dan gorengan. Karena konsumsi makanan ini akan membuat lambung memproduksi asam dalam jumlah yang lebih tinggi. Zat asam yang terlalu tinggi inilah akan membuat gangguan lambung yang serius.

Ada baiknya setelah makan, Anda jangan langsung berbaring atau tiduran. Pasalnya hal ini dapat membuat asam lambung naik ke kerongkongan, sehingga memicu terjadinya gastritis. Karena itu, usahakan untuk tunggu sekitar 30 menit setelah makan jika ingin tiduran.

  1. Istirahat Yang Cukup

Salah satu tips terjitu untuk mencegah gastritis yaitu dengan beristirahat yang cukup. Hentikan semua aktivitas yang dapat memicu gastritis. Kelelahan dan stres hanya akan membuat gastritis semakin parah.

Terlebih lagi istirahat yang cukup memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh manusia. Jam tidur yang kurang diketahui berpotensi meningkatkan risiko penyakit ginjal, jantung, stroke, tekanan darah tinggi, detak jantung tidak teratur, hormon stres naik, hingga diabetes.

Istirahat yang kurang diduga dapat membuat kita cepat pikun. Salah satu penelitian membuktikan jika ketika tidur, otak akan memproses, memperkuat dan menggabungkan ingatan dari sepanjang hari. Tapi jika kurang tidur, ingatan-ingatan tersebut tidak bisa disimpan dengan benar di dalam otak dan dapat hilang.

Nah, agar waktu tidur Anda tercukupi, sebaiknya tidur sebanyak 7-9 jam sehari untuk dewasa dan 8-10 jam sehari untuk remaja dengan usia 14-17 tahun.

  1. Kurangi Berat Badan

Bila Anda mengalami obesitas atau berat badan berlebih, sebaiknya kurangi berat badan sekitar 2-5 kg. Pasalnya memiliki berat badan berlebih cenderung makan dalam porsi besar, hal ini tentu saja dapat meningkatkan risiko terkena gastritis.

Memang tidak mudah menjaga berat badan agar tetap ideal, utamanya jika setelah menjalani diet Anda kembali pada kebiasaan dan gaya hidup lama. Selain itu, kebiasaan mengkonsumsi segala macam makanan akan membuat kenaikan berat badan semakin mudah terjadi.

Dalam hal ini, ada dapat melakukan olahraga secara teratur namun jangan berlebihan. Biasakan juga tubuh untuk terus bergerak, banyaknya aktivitas fisik dapat membantu Anda dalam mengelola berat badan Anda.

Menurut Katherine Zeratsky Ahli Nutrisi Mayo Clinic, mengurangi kalori sebenarnya lebih efektif dibandingkan olahraga dalam proses menurunkan berat badan. Meski demikian, berjalan kaki selama 30 menit setiap hari dapat menurunkan 0,15 kg setiap minggunya.

  1. Hindari Konsumsi Obat Pereda Nyeri Tanpa Pengawasan Dokter

Kebanyakan orang sering menggunakan obat anti nyeri seperti obat anti inflamasi non-steroid (OAINS) yang banyak beredar di pasaran. Padahal obat ini memiliki efek yang dapat meningkatkan asam lambung, sehingga Anda pun rentan mengalami nyeri pada ulu hati.

Disamping itu, Anda juga harus hati-hati dengan produk jamu. Pasalnya produk jamu seringkali mengandung OAINS sehingga mengkonsumsi jamu dalam jangka panjang juga memiliki efek yang sama dengan penggunaan OAINS jangka panjang.

Peradangan pada lambung (gastritis) memang masih dapat dikendalikan dengan beberapa tips sederhana di atas. Bahkan Anda dapat mengatur pola makan sehat untuk mencegah gastritis dan membuat tubuh Anda tetap sehat sehingga ketika beraktifitas pun tetap nyaman.

Sementara bagi Anda yang telah menderita gastritis, Anda dapat mencoba mengobatinya dengan obat gastritis herbal yang berbahan dasar alami dan telah berlegalitas BPOM, sehingga penyakit gastritis Anda pun dapat sembuh dan Anda juga tidak akan mengalami efek samping sedikitpun.

Untuk Anda yang ingin mengetahui apa obat herbal yang ampuh untuk mengobati gastritis, Anda dapat langsung mengunjungi halaman => Obat Gastritis Herbal.

Demikian artikel kami seputar Tips Mencegah Gastritis Yang Efektif. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menjadi referensi Anda dalam menjaga kesehatan tubuh.

~~Terimakasih Telah Berkunjung dan Salam Sehat~~

By Post. walatraberryjus.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *