Makanan Penyebab Gastritis Yang Perlu Diketahui – TERLENGKAP

Makanan Penyebab Gastritis ,- Sangat penting bagi kita untuk memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, karena ada beberapa makanan yang terdiri dari bermacam-macam zat kimia yang dapat menyebabkan peradangan pada lambung (gastritis).

Maka dari itulah penting bagi kita, khususnya penderita gastritis untuk menghindari makanan-makanan tersebut. Apa saja makanan penyebab gastritis ? Mari kita simak penjelasan lengkapnya dibawah ini!

Makanan Penyebab Gastritis Yang Perlu Diketahui

Makanan Penyebab Gastritis

Pada sebagian orang, gejala gastritis seperti nyeri pada perut dapat reda dengan sendirinya. Namun jika tidak, perubahan pola makan dapat membantu meredakan gejala tersebut.

Terdapat beberapa makanan serta minuman yang dapat menyebabkan gastritis, diantaranya :

  1. Makanan Yang Digoreng

Mengkonsumsi makanan yang digoreng membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh lambung. Semakin lama ia berada di dalam perut, semakin banyak juga asam lambung yang diproduksi dan akhirnya akan mengambil lebih banyak ruang di dalam perut.

Hal ini tentu akan menyebabkan beberapa gangguan pada lambung, seperti gastritis. Untuk itulah hindari atau batasi konsumsi makanan yang digoreng seperti gorengan, kentang goreng, ayam goreng, donat dan keripik kentang.

  1. Cokelat

Sebagian besar orang menyukai cokelat, rasa manis dari makanan ini membuat siapa pun tergoda untuk mengkonsumsinya. Namun bagi penderita gastritis, sebaiknya hindari makanan yang satu ini.

Karena kafein dan stimulan seperti theobromine yang terkandung di dalam cokelat dapat menyebabkan refluks asam lambung, yang akan memicu peradangan pada lambung (gastritis).

  1. Makanan Cepat Saji

Semua makanan cepat saji (junkfood) sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Pasalnya dalam makanan cepat saji terkandung kalori dan lemak yang tinggi, hal ini tentu akan memicu munculnya gastritis.

Meskipun makanan cepat saji akan membuat perut mudah kenyang, namun sebenarnya sulit sekali untuk dicerna. Karena itulah, mulai sekarang sebaiknya batasi konsumsi makanan yang satu ini.

  1. Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi, daging kambing dan daging domba mempunyai kandungan lemak yang tinggi. Sehingga ketika dikonsumsi, makanan ini dapat bertahan lebih lama di dalam perut.

Hal inilah yang menyebabkan daging merah termasuk ke dalam makanan penyebab gastritis. Jika Anda salah satu penggemar makanan ini, sebaiknya batasi konsumsinya menjadi hanya 1 minggu sekali atau beralih ke daging tanpa lemak.

  1. Semua Minuman Bersoda

Semua jenis minuman bersoda atau berkarbonasi dapat menyebabkan gastritis menjadi semakin buruk. Karena minuman ini memiliki sifat asam yang dapat membuat perut jadi kembung sehingga membuat kondisi Anda semakin tidak nyaman.

Minuman bersoda juga mengandung kafein yang dapat membuat asam di lambung semakin memburuk. Anda harus menghindari minuman ini jika tidak ingin gejala gastritis semakin memburuk.

  1. Alkohol

Sama seperti minuman bersoda, alkohol berkontribusi dalam menyebabkan gastritis. Alkohol diketahui dapat merelaksasi katup di bawah esofagus yang dapat menyebabkan peradangan pada lambung.

Bagi Anda yang termasuk pecandu alkohol, sebaiknya Anda batasi konsumsi minuman ini atau konsumsi segelas anggur sehari saja. Namun hindari konsumsi jus jeruk atau soda dalam satu hari tersebut.

  1. Produk Olahan Susu

Terdapat banyak jenis produk olahan susu seperti yogurt dan mentega yang memiliki sifat asam, yang tentunya tidak baik untuk kesehatan lambung. Produk olahan susu juga tinggi lemak yang dapat mengakibatkan refluks asam lambung.

Untuk itu sebaiknya hindari konsumsi produk olahan susu. Bila Anda termasuk pecandu makanan ini, sebaiknya gunakan bahan tersebut sebagai perasa untuk makanan saja dan bukan sebagai bahan utamanya. Tentu saja olahan susu yang rendah lemak akan lebih baik.

  1. Kopi

Seperti yang kita ketahui, jika kopi mengandung kafein yang berkontribusi terhadap gangguan lambung. Dan bagi penderita gastritis, mengkonsumsi minuman ini hanya akan membuat gejala yang ditimbulkan semakin bertambah parah.

Sebaiknya kurangi kebiasaan minum kopi secara berlebihan. Dan Anda bisa mengkonsumsi teh herbal seperti teh chamomile sebagai penggantiya. Karena teh herbal biasanya tidak mengandung kafein.

  1. Minuman Dingin

Mengkonsumsi minuman dingin dapat membuat lambung dan usus shock sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman. Utamanya jika minuman dingin dikonsumsi setelah makan makanan berlemak, maka hal ini akan membuat produksi asam lambung menjadi lebih tinggi.

Minuman dingin juga dapat menekan proses pencernaan sehingga membuat penderitanya lebih cepat kenyang. Untuk itu, sebaiknya jangan konsumsi minuman dingin secara berlebihan.

Berbagai jenis makanan dan minuman yang telah disebutkan diatas, memang seharusnya dihindari. Anda tetap bisa mengkonsumsi beberapa makanan tersebut namun dalam jumlah yang sangat kecil.

Kunci utama untuk mengendalikan penyakit gastritis adalah konsumsi makanan yang sehat, rendah kalori, dan sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Atau Anda dapat mengkonsumsi obat gastritis herbal untuk meredakan gejala gastritis yang Anda alami.

Posted by.

www.walatraberryjus.com

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *