Ciri-Ciri Batuk Yang Berbahaya Pada Anak

Ciri-Ciri Batuk Yang Berbahaya Pada Anak ,- Ketika pergantian musim, banyak orang yang mengalami batuk tidak terkecuali anak-anak. Batuk pada anak ini dapat mengganggu aktivitas sehari-harinya.

Sebenarnya batuk merupakan upaya alami dari tubuh untuk mengeluarkan lendir atau benda asing dari paru-paru dan aliran udara yang tersumbat.

Ciri-Ciri Batuk Yang Berbahaya Pada Anak

Batuk pada anak memang sering terjadi, khususnya saat anak sedang flu. Biasanya batuk ini akan sembuh seiring dengan pulihnya tubuh dari penyakit tersebut.

Meski demikian, Anda sebagai orang tua perlu memerhatikan berapa lama batuk si kecil berlangsung. Karena batuk yang berlangsung lama dapat menandakan masalah kesehatan lainnya.

Dan batuk yang berlangsung lama ini disebut dengan batuk kronis. Anak bisa dikatakan mengalami batuk kronis, bila batuk yang ia alami berlangsung lebih dari satu bulan atau lebih.

Selain batuk, anak yang mengalami batuk kronis juga akan mengalami gejala atau ciri lainnya. Dan pada saat inilah Anda sebagai orang tua perlu memeriksakan kondisi si kecil secepatnya.

Ciri-Ciri Batuk Yang Berbahaya Pada Anak

  1. Batuk Keras Hingga Sulit Bernapas

Pada awalnya anak mungkin akan terlihat baik-baik saja dan bisa tidur dengan nyenyak. Tetapi bila tiba-tiba anak mengalami batuk keras hingga kesulitan bernapas, Anda sebagai orang tua perlu waspada.

Umumnya batuk seperti ini disebabkan oleh virus yang menyebabkan peradanagn pada laring (kotak suara) dan trakea (batang tenggorokan). Kondisi ini paling sering terjadi pada anak yang berusia 6 bulan sampai 3 tahun.

  1. Batuk Berdahak

Anak sering kali terkena flu yang mengakibatkan hidung menjadi berair atau tersumbat, dan nafsu makan berkurang. Ketika flu, anak juga dapat mengalami batuk yang biasanya sembuh dalam 1-2 minggu.

Tetapi bila batuk terus terjadi dan disertai dengan berubahnya warna ingus menjadi kehijauan, segera periksa ke dokter. Karena dikhawatirkan telah terjadi infeksi bakteri pada anak.

  1. Batuk Kering di Malam hari

Adanya masalah pada paru-paru dapat mengakibatkan anak mengalami batuk terus-menerus pada malam hari. Dalam hal ini batuk kering yang biasanya terjadi di malam hari. Pasalnya pada kondisi ini, paru-paru yang meradang dan menyempit akan menghasilkan lendir yang berlebihan. Lendir inilah yang membuat anak batuk kering sepanjang malam.

Bila anak Anda memperlihatkan ciri-ciri ini, sebaiknya segera periksa ia ke dokter. Biasanya dokter akan memeriksa riwayat alergi atau asma dalam keluarga.

  1. Batuk Rejan

Tidak hanya terjadi orang dewasa, tetapi batuk rejan juga bisa dialami oleh anak-anak. Biasanya anak yang mengalami batuk rejan akan mengalami batuk berkali-kali dalam satu napas. Suara rejan akan timbul akibat batuk dan kesulitan anak untuk bernapas.

Jenis batuk ini biasanya disebabkan oleh bakteri yang menyerang lapisan saluran pernapasan dan bisa berujung pada muntah hingga sesak napas.

  1. Batuk Disertai Demam dan Napas Cepat

Ketika anak (utamanya usia dibawah 2 tahun) mengalami batuk yang disertai dengan demam dan napas cepat, kemungkinan anak mengalami infeksi bronkiolus (bronkiolitis) yaitu kondisi dimana saluran kecil di paru-paru mengalami pembengkakan dan berlendir.

Infeksi bronkiolus disebabkan oleh serangan respiratory syncytial virus (RSV) yang umumnya menyerang ketika cuaca sedang dingin. Bila si kecil mengalami kondisi ini, sebaiknya segera periksa ke dokter agar mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan secepatnya.

Mengingat penyebab yang mendasari batuk pada anak dapat bermacam-macan, maka perhatikan ciri-ciri lain yang menyertainya. Bila batuk disebabkan oleh penyakit ringan seperti flu, Anda bisa mengatasinya dengan obat untuk mengatasi batuk anak.

Namun bila anak mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh dan muncul gejala-gejala lain yang berbahaya, jangan segan untuk segera meminta bantuan ahli medis atau dokter.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan terkait ciri-ciri batuk yang berbahaya pada anak. Dengan mengetahui informasi ini, diharapkan Anda sebagai orang tua dapat lebih sigap dalam memberikan pertolongan pada si kecil ketika ia mengalami batuk yang tidak biasa.

Terimakasih Telah Berkunjung dan Salam Sehat Dari Kami “Azka Herbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *